Senin, 19 November 2018

KEISTIMEWAAN WARNA HIJAU

Keistimewaan dan Keunikan Warna Hijau
Segala puji bagi Allah, hingga saya bisa menyempatkan untuk menulis artikel ini. Pada artikel ini, saya akan menyinggung soal warna terutama yang paling banyak disebut pada beberapa ayat dalam Al-Qur’an. Yaitu warna hijau, konon Rasulullah SAW juga menyukai warna hijau? (Wallahu A’lam). Warna hijau ini disebutkan dalam beberapa ayat dari Kitab Allah, Al-Qur'an. Firman Allah SWT sebagai berikut : 

bunga hijau
"Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. Kemudian, nikmat Tuhanmu yang manakah kamu dustakan? " 
QS Ar-Rahman; 76,77]

Dalam Quran Ayat lain, Allah berfirman : 
"Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih" 
[QS Al-Insan; 21]

Dalam ayat yang ketiga, Allah juga berfirman : 
"Mereka itulah orang-orang yang bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai dibawahnya, dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar diatas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. " 
[Al-Kahfi; 31]

Nah, warna itu berpengaruh gak sih buat kita? Dalam hal ini, psikolog ikut berperan, mereka mengatakan bahwa "Warna memiliki pengaruh besar pada manusia. Warna dapat menyebabkan dia menjadi seorang berani atau pengecut. “ Hah kok gitu? “Warna juga mungkin membuat dia merasa dingin atau panas. Dan warna bahkan mungkin membuatnya merasa senang atau sengsara. ". Intinya, warna ini sangat berpengaruh besar, bukan?

Para ilmuwan pun ikut berbicara: "Gelombang panjang berwarna kuning dapat menghidupkan sistem saraf manusia" Artinya, kalau kamu ingin menempatkan iklan yang efektif di jalan atau tempat umum, warna yang bagus untuk digunakan adalah kuning, karena memiliki panjang gelombang yang lebih panjang yang warna lain dan, lebih efektif pada sistem saraf manusia.

Warna Ungu memberikan perasaan stabilitas dan kenyamanan, sedangkan warna biru memberikan perasaan wideness dan dingin. Warna merah, tentunya dengan nuansa yang berbeda, memberikan perasaan hangat.

Namun, warna yang membawa kebahagiaan ke dalam hati manusia dan membangkitkan perasaan senang dalam dirinya adalah, tidak diragukan lagi, warna hijau. Itulah sebabnya Allah Yang Maha Pemurah, telah membuat warna tanaman terutama hijau untuk memberikan seorang pria merasa nyaman dan menyenangkan. Berikut dibahas warna hijau dalam berbagai bidang keilmuan :

hijau

1. Hijau dalam Seni dan Filsafat 
Hijau merupakan warna alam yang menyejukkan dan menyegarkan. Merupakan warna daun, warna yang dominan untuk pemandangan alam, terutama pegunungan, hutan, sungai dan lain-lain. Juga melambangkan prinsip, kebahagiaan, toleransi, kesejahteraan, sentosa dan kedamaian. 

2. Hijau dalam Psikologi dan Kesehatan
Menyejukkan saraf, menyegarkan mata dan memberikan efek ketenangan dan kesembuhan. Radiasi hijau memperbaiki semangat tubuh dan jiwa secara cepat dan mengembalikan ritme halus untuk mencapai keseimbangan harmonis tubuh. Menggambarkan kemakmuran bumi dan keberadaan surga atau iklim keceriaan, kesenangan, kebahagiaan, dan ketenangan jiwa makhluk yang dikelilingi warna hijau.

3. Hijau dalam Fisika 
Hijau adalah gelombang elektromagnetik dari cahaya nampak. Hijau adalah salah satu dari 7 warna pokok gelombang elektromagnetik, yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Cahaya nampak adalah spektrum gelombang elektromagnetik yang mampu dikenali oleh indera pencitraan manusia. Urutan panjang gelombang Cahaya Nampak adalah setelah Inframerah dan sebelum Ultraviolet. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin merah suatu warna adalah semakin kecil panjang gelombangnya. Kebalikannya, gelombang akan makin panjang jika semakin berwarna ungu (violet). Dari ketujuh spektrum warna tersebut, yakni Mejikuhibiniu, warna yang terletak di spektrum tengah-tengah (medium) adalah warna ke-4, yaitu warna hijau. Kemungkinan besar, dikarenakan panjang gelombang warna hijau adalah yang paling tengah (seimbang, tidak terlalu panjang, juga tidak terlalu pendek), warna tersebut memudahkan mata untuk melihat dan sangat sesuai dengan panca indera penglihatan kita sehinga tidak memerlukan tenaga ekstra untuk melihat.

4. Hijau dalam Arsitektur 
Warna Hijau dapat memengaruhi orang-orang yang melihatnya. Hal ini adalah penemuan dalam psikologi, namun berkembang luas ke Ilmu Arsitektur. Menurut bidang ini, warna hijau memberikan perasaan alami ketika melihatnya, cocok untuk digunakan pada ruang makan, dapur.

apasih keistimewaan nya si hijau, sampai-sampai blog MTN mau menampilkannya. Check it out!
Hijau merupakan warna yang bermanfaat mengurangi stress, karena banyak dijumpai di daun-daun. Karena hijau itu warna damai.

Hijau identik dengan lingkungan, maka dari itu ada kata penghijauan yang arti sempitnya menanam pohon untuk menghambat global warming. Identik dengan pohon!

Di traffic light yang ada di jalan, warna hijau pasti yang sangat ditunggu-tunggu. Hayo ngakuu. Karena pada saat lampu merah (bahasa sehari-hari) berwarna hijau, pasti rasa kebosanan menunggu itu akan sirna dengan sendirinya. Betul ngga? Lampu hijau berarti diberi izin.

Hijau identik dengan uang (khususnya US), ada kata khias "Kalau lihat uang, pasti matanya jadi hijau".

Hijau adalah warna tradisional Islam. Menurut tradisi, jubah dan bendera Nabi Muhammad berwarna hijau. dan menurut Al-Quran (QS. Al Kahfi (Gua) ayat 31 dan Al Insaan ayat 21), mereka yang cukup beruntung untuk tinggal di surga mengenakan jubah sutra hijau. Muhammad dikutip dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa "air, hijau, dan wajah cantik" tiga hal universal yang baik. Maka dari itu,  banyak sekali organisasi atau partai Islam yang menggunakan warna hijau sebagai warna kebesarannya.

Warna hijau digunakan sebagai nama band antara lain Green Day, sedangkan di Indonesia ada band bernama Hijau Daun. Selain itu, hijau digunakan sebagai nama Album sebagai contoh Albumnya Iwan Fals - Hijau, Album ini unik karena judul-judul semua lagu dalam albumnya 'judul satu', 'judul dua' dan seterusnya. Album Hijau juga digunakan oleh Caffein.

Hijau dalam olahraga. Sebuah sabuk hijau di karate, taekwondo dan judo melambangkan tingkat kemahiran dalam olahraga. Meja billiard, Lapangan Tennis, Sepak bola dan lainnya berwarna hijau.

Warna hijau banyak digunakan oleh negara-negara sebagai simbol dan benderanya. Contoh Negara Arab Saudi, Brasil dan sebagainya.

Dalam idiom dan ekspresi, misalnya Having a green thumb yang berarti seseorang yang bergairah atau berbakat berkebun . Greenhorn : seseorang yang berpengalaman. Green-eyed monster mengacu pada perasaan cemburu. 

Hijau adalah warna yang Anda lihat ketika Anda melihat cahaya dengan panjang gelombang sekitar 520-570 nanometer. Hijau adalah salah satu dari tiga warna aditif, bersama dengan merah dan biru, yang digabungkan pada layar komputer dan televisi warna untuk membuat semua warna lain.
Digunakan untuk menamai makhluk jadi-jadian, misalnya saja Kolor ijo dan Buto Ijo (monsternya Indonesia), Hulk (Barat), Plankton (Spongebob), dan naga-naga, peri sering ditampilkan berwarna hijau.

Dan yang paling penting, Hijau digunakan sebagai warna kebesaran sebuah kelas yang fenomenal di Indonesia, yang hingga sekarang masih eksis dan tetap berjaya. Bernama FOSPAST mengusung tema hijau entah karena apa, tetapi karena warna itulah mereka dikatakan kelas ijo, mulai dari Lambang kelas, baju persatuan, bendera, warna cat tembok, hingga jaket yang semuanya menggunakan warna hijau.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.