Senin, 19 November 2018

Arti-warna-dan-simbol-dari-merk

Arti-warna-dan-simbol-dari-merk; Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
warna

Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta.

Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna).

Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.

Pahamilah kekuatan warna untuk mengekspresikan atribut merek Anda dan nilainya.
Sebuah logo merek dan identitas visual akan berkompromi dengan angka dari petunjuk visual, seperti bentuk, simbol, angka dan kata. Tapi komponen visual nomor satu yang paling diingat kebanyakan adalah warna. Pada kenyataannya, warna meningkatkan 80% pengakuan merek.
warna  untuk kekuatan

Warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata. Kuis: Warna apa yang menyimbolkan Partai Republik Amerika Serikat? Bagaimana dengan Demokrat? Jika Anda mengatakan merah untuk Republik dan biru untuk Demokrat, Anda benar. Setiap partai berafiliasi kuat dengan warnanya dimana banyak politisi yang akan mengenakan dasi merah atau biru tergantung dari partai apa yang mereka representasikan.

Jika sudah berhubungan dengan branding, kekuatan warna adalah emosional dan praktis. Pada tingkat emosional, warna dapat mempengaruhi bagaimana perasaan konsumen ketika melihat sebuah merek, sementara itu dalam tingakt praktis, warna dapat membantu sebuah merek menonjol di kerumunan.

Beberapa penelitian tentang hubungan antara warna dan branding (disini, disini, dan disini) mengemukakan bahwa 90% dari pertimbangan yang dibuat tentang produk berdasarkan pada warna, dimana warna yang mempengaruhi bagaimana konsumen melihat ‘kepribadian’ dari merek dalam pertanyaan, dan hubungan diantara merek dan warna yang dianggap cocok untuk beberapa merek tertentu.

Semua hal ini baik dan bagus, namun bagaimana Anda memilih warna yang cocok dengan merek Anda? Pada artikel ini, kami akan memeriksa penggunaan warna pada branding dan memberikan Anda 11 pedoman warna untuk membantu Anda memilih yang paling cocok dengan merek Anda.

01. Merah – untuk Bahaya, Gairah, Kegembiraan, & Energi
Arti: Merah memiliki asosiasi kontekstual yang berbeda dan didalam branding dapat menyampaikan pesan yang terlihat. Merah memiliki kemampuan untuk rev desire; dan tidak mengagetkan ketika merah adalah warna dari api, bahaya dan darah pada satu sisi; dan cinta, seksualitas, gairah pada sisi yang lain. Merah itu tebal, berenergi, dan warna yang hidup yang menyimbolkan kekuatan, kepercayaan diri dan kekuatan.

Tips penggunaan: Karena merah memiliki arti yang sangat kuat, mungkin penggunaan yang terbaik dengan kebijaksanaan. Tapi, apabila merek yang lain menghindari merah, mungkin ini cara yang paling bagus untuk menonjol diantara kerumunan.

Kombi brand identity
Kombi menjual pakaian musim dingin yang hangat untuk iklim Kanada. Identitas mereknya menggunakan warna merah untuk membangkitkan perasaan hangat dan suhu yang menarik perhatian pada warna dari bendera Kanada.

02. Oranye – Segar, Bermuda, Kreatif & Petualang
Arti: Mencampurkan kehangatan warna merah dan keoptimisan warna kuning, oranye mengakomunikasikan aktifitas dan energi. Dan tentu saja sulit rasanya untuk melewatkan warna oranye sebagai warna jeruk, dan semua produk bervitamin C, yang langsung membuat oranye terasa segar dan sehat. Oranye tidak untuk semua orang (namun ini adalah warna dekade dari tahun 1970an) dan oleh karena itu temasuk kedalam asosiasi bermuda, kreatif dan petualang.

Tips penggunaan: Karena oranye berasosiasi dengan keseruan dan juga menonjol, menjadikan warna ini cocok untuk merek bermuda, penuh energi dan pilihan terbaik untuk merek mewah, tradisional atau serius.

Feeding the Self by Lumo
Feeding the Self adalah sebuah organisasi yang mengajari pemuda-pemudi Afrika untuk melakukan program berkelanjutan mandiri dengan kebun sayuran dan buah. Disini, oranye membawa jiwa muda, yang diikuti dengan perasasaan yang segar dan sehat dengan berkebun.

Adventure by Studio Lane
Identitas visual dari perusaan produksi film Adventure menggunakan warna oranye yang besar tebal dengan tipografi yang tebal untuk menyampaikan sebuah sensasi petualangan dan bermuda.

Ampersand Agency by Full Orange
Full Orange menciptakan, ironisnya, sebuah identitas visual untuk Ampersand Agency yang penuh dengan warna oranye (dengan sedikit warna biru dan cokelat). Oranye mengeskpresikan kreatifitas dan energi dari agency tersebut.

03. Kuning – Optimistis, Ceria, Menyenangkan dan Bahagia
Arti: Menjadi warna dari matahari, warna kuning membawa senyuman. Warna yang mudah dilihat dari jarak yang jauh (maka dari itu sering digunakan untuk rambu lalu lintas) dan mengkomunikasikan keceriaan, keramahan, kesenangan dan energi (siapa yang tidak membutuhkan lebih banyak warna kuning dalam hidupnya?) Warna kuning juga bisa diasosiasikan dengan kejernihan mental dan kepintaran (lagi, siapa yang tidak butuh lebih banyak warna kuning?) Meski pun begitu, kuning juga merupakan warna hati-hati yang digunakan pada jaket keselamatan, pita pengaman polisi, dan area berbahaya.

Tips penggunaan: Beberapa nuansa warna kuning mungkin terlihat murahan – meskipun mungkin cocok dengan citra merek Anda. Jadi, warna kuning adalah contoh yang bagus untuk meneliti reaksi konsumen kepada kelayakan warna dan memastikan warna produk Anda sudah benar. Pastikan untuk menggunakan desain yang bagus jika Anda ingin menghindari kesan murahan.

Citrus Brothers by Griselda Marti
Peralatan alat tulis ini untuk grup ilusionis The Citrus Brothers. Warna kuning, seperti ilusionis, ceria, menghibur dan menghadirkan senyuman.

Elektromobilität Region Aachen Jann de Vries and Stefan Zimmermann
Konsep identitas visual ini mempromosikan Aachen sebagai pusat untuk listrik kendaraan dan menggunakan warna kuning, yang secara tradisional berasosiasi dengan listrik dan juga mengkomunikasikan energi.

Impero by Impero
Kuning dan hitam bisa menjadi pilihan yang beresiko, namun merek keemasan-kuning Impero mengkombinasikan dengan tipografi sederhana yang kontemporer dan tegas. Secara keseluruhan, ramah dan menyenangkan – dan seperti yang mereka bilang “berpenampilan bagus dan cerdas.”

04. Hijau – Alami, Daya Hidup, Martabat dan Kekayaan
Arti: Warna hijau memiliki dua arti umum yang cukup paradoksal; pertama sebagai alam dan lingkungan, dan yang kedua sebagai keuangan dan kekayaan. Jika dihubungkan dengan alam, hijau mewakili tanaman hidup dan petumbuhan dan secara berkesinambungan digunakan untuk mempromosikan ‘hijau’ pada lingkungan, kesinambungan, organik, esensi alami dari kata. Dan tentu saja warna hijau juga disangkut-pautkan dengan ‘warna uang’ (uang Amerika Serikat) dan inilah kenapa dihubungkan dengan kekayaan dan stabilitas.

Tips penggunaan: Pilih nuansa hijau nada dengan hati-hati sebagai yang terang, hijau yang lebih terang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan; sementara warna hijau yang lebih gelap, merepresentasikan martabat, kekayaan dan kelimpahan.

Albahaca by Cabra Negro Estudio
Kartu nama untuk Albahaca Restaurant terlihat cukup enak untuk dimakan. Dengan foto tumbuhan herbal restaurant yang bernuansa hijau, merek ini menampilan kesegaran, kesehatan dan penuh dengan daya hidup.

Streat Helsinki by Kokoro & Moi
Merek ini oleh Kokoro & Moi menggunakan warna hijau terang. Mempromosikan sebuah festival makanan jalanan, warna hijau berkilau mengkomunikasikan lampu neon dari Pasar Malam Asia dan kesegaran dan ekperimental dari makanan yang disajikan.

Filmfaktisk by Heydays
Hijau memberikan efek yang bagus untuk identitas merek Filmfaktisk. Warna hijau pinus yang kebumian telah diaplikasikan ke berbagai gambar dan menambahkan sensasi martabat, kekayaan dan kedalaman.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.