Minggu, 14 Oktober 2018

Hitam

Hitam; Hitam dalam definisi ideal merupakan warna representasi ketidakhadiran sedikit pun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap. Dalam fotografi, hal ini berarti ketidakmampuan film atau sensor menangkap cahaya akibat intensitas pembakaran terlalu rendah.

warna hitam

Arti Warna Menurut Para Ahli
Warna salah satu elemen yang paling dominan dan juga aspek yang paling relatif dalam desain dan kehidupan. Persepsi terhadap warna melibatkan respon psikologi dan fisologi manusia. Apabila ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna-warna yang ada itu bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatu, objek, cahaya, mata dan otak terlibat dalam proses sensasi dan persepsi yang kompleks.

Secara psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur, bahwa warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna dapat mempengaruhi kelakuan dan memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.

Dari penjelasan diatas dapat dijelaskan bahwa selain hanya dapat dilihat dengan mata, ternyata warna bisa menyampaikan pesan untuk mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda.

Pengertian atau arti dari setiap warna dari segi emosi ini pun sudah pernah diteliti sejak dulu. Seperti Lois B.Wexner (1954) sudah pernah melakukan penelitian tentang keterkaitan warna dengan suasana hati (mood). Bahkan Psikolog Amerika, Frank H. Mahnke (1996) juga pernah memimpin eksperimen tentang keterkaitan warna dengan emosi.

Penerapan warna misalnya dalam pembutan logo pada suatu perusahaan, pengolahan warna menggunakan ilmu psikologi agar logo yang dihasilkan bisa menyampaikan pesan tersembunyi dari perusahaan itu, sekaligus menggambarkan brand yang kuat untuk konsumen.

Contoh yang lainnya seperti pada iklan, selain grafik dan scene yang bagus, pemilihan warna merupakan salah satu hal mendasar yang menjadi bahan pertimbangan. Warna adalah aura yang menjelaskan karakter dari suatu objek maupun subjek, bisa benda bisa berupa sifat, yang berkaitan dengan sifat adalah kepribadian seseorang berdasarkan warna kesukaan.

Para fotografer dan juga videografer sering menggunakan psikologi warna untuk menciptakan efek emosi dengan tujuan karyanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang lain yang melihatnya. Di dunia film, juga digunakan pengolahan makna warna untuk efek emosi (color grading). Seperti film horor yang sering menggunakan warna biru nuansa gelap untuk membangun suasana takut, dan lain-lain.

Kelompok Warna (Color Group)
Kelompok warna dibagi atas 2 dasar kelompok makna warna, seperti warna hangat dan warna dingin.
Warna hangat:warna hangat ini terdiri dari warna oranye, merah, emas dan coklat.

Terkait dengan cahaya matahari. Warna hangat bisa membuat objek terlihat berat dan padat. Warna hangat terlihat jauh di depan.

Warna dingin: warna dingin terdiri dari biru muda, hijau dan ungu. Identik dengan awan, salju dan bayangan tergelap malam hari. Warna dingin bisa membuat objek terlihat terang dan segar. Warna dingin terlihat jauh di belakang.

Warna hangat juga bisa melompat dari warna dingin yang sudah memudar. Jika kita ingin membangun kedalaman ilusi, kita bisa meletakan objek warna hangat di latar depan (foreground) dan objek warna yang lebih dingin diletakan di latar belakang (background).

Mengetahui Kepribadian Seseorang Berdasarkan Warna Kesukaan – Psikologi Warna
Warna dapat mencangkup dari berbagai aspek nilai-nilai kehidupan, memiliki arti yang berbeda-beda, keserasian dan keindahan. Penerapan warna sangat membantu dalam kehidupan manusia, dalam hal apapun sebagai penghias dan pengindah objek maupun subjek.

Di dalam ilmu psikologi, warna ini sangat berpengaruh terhadap jiwa seseorang, kepribadian hingga kesehatan. Jika kamu cukup peka dalam memahami arti warna ini, setiap kamu melihat orang akan tergambar adanya warna di dalam dirinya, yang berarti menggambarkan bagaimana kepribadiannya.

Jika kamu ingin bisa membaca kepribadian seseorang dari warna kesukaan orang tersebut, ketahuilah terlebih dahulu warna-warna dasar yang memiliki arti aura juga emosi yang tersimpan didalamnya.

Terimakasih telah membaca artikel kami, tentang warna semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.