Minggu, 14 Oktober 2018

Jingga

Taukah anda dengan warna Jingga ? Warna jingga atau oranye ini terjadi antara merah dan kuning dalam spektrum terlihat pada panjang gelombang sekitar 620-585 nanometer. Dia memiliki warna yang sama dengan jeruk.

orange

Warna Jingga (Orange) ini salah satu warna hasil campuran merah dan kuning. begitupun pada spektrum cahaya, dia berada diantara merah dan kuning. warna ini merupakan warna dari buah jeruk, apricot, wortel dan labu. dalam teori warna, Jingga termasuk Warna Sekunder (hasil pencampuran 2 warna primer). kalau bahasa inggrisnya biasa disebut Orange atau oranye.

Asal mula nama warna ini sebenarnya berasal dari buah jeruk (orange) yang sudah matang. penggunaan warna orange pertama, tecatat pada tahun 1512. 

Jadi sebelum tercatat sebagai nama warna, untuk menggambarkan seperti apa itu warna orange, orang-orang hanya mengatakan warna jeruk yang sudah matang. sama seperti warna apricot, atau warna dari saffron.

Bukan hanya menciptakan keindahan. Kuatnya pengaruh warna bahkan pernah diungkapkan oleh Darwis Triadi, seorang fotografer Indonesia dalam bukunya Color Vision: “Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan". Adapun pernyataan tersebut berkaitan dengan konsep psikologi warna, yang kelak menjelaskan hubungan antara manusia dan cara mereka memersepsikan warna-warna di sekitar.

Banyak penelitian mencoba mengungkap korelasi warna dengan manusia, terutama dalam segi karakter dan psikologis. Warna menjadi simbol penting dalam logo perusahaan atau partai dan dapat menciptakan nuansa tertentu di tempat-tempat seperti rumah sakit, institusi pendidikan, hingga rumah makan.

Jingga

Dalam Desain Grafis, warna ini berperan yang sangat penting, karena mempunyai nilai bahasa karakter (Language Character) dan efek psikologis terhadap yang melihatnya dan dapat memberikan makna dan kesan tertentu.

Warna ini berfungsi untuk berbicara secara visual dalam konteks karakter umum yang lebih mudah dipahami. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yg melihatnya.

Sebelum membuat desain kita harus memberikan kesan yang akan ditampilkan dalam media massage tersebut . Berikut beberapa makna dan efek psikologi warna pada desain grafis

Merah
Kesan pertama ketika kita melihat warna merah adalah hentakan dari sebuah bentuk yang diterima. Jika perlu, imbangi warna ini dengan biru atau hijau untuk menjaga keseimbangan tampilan.

merah adalah warna yang hangat, menarik dan positif, warna yang bersifat mengajak untuk segera mengambil tindakan. Efek psikologi dari warna Warna merah berarti energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan. negatifnya adalah kemarahan dan sadisme, juga dapat menampilkan agresivitas dan peringatan-peringatan yang keras.

Warna ini ternyata bisa merangsang indra fisik seperti nafsu makan, emosional dan gairah seksual, termasuk saraf dan sirkulasi darah, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Arti warna Warna merah lebih berhubungan untuk gairah seksual dan nafsu. Warna merah kadang mewakili energi maskulin atau keperkasaan (Merah tua), sedangkan versi lebih lembut (merah muda) dimaknakan dengan energi feminin.,.

Orange (Jingga)
Kesan yang saya dapatkan saat melihat benda berwarna orange adalah keinginan untuk mencoba dan keluar dari rutinitas yang ada.

Jingga

orange salah satu warna hangat, flamboyan dan menantang. Ini adalah energi bagi adventurer, pemberani dan out of box!. Dalam psikologi warna oranye berarti petualangan, rasa percaya diri, pergaulan luas, optimisme, fun & Entertaining. warna oranye dianggap sebagai warna New Wave dan pemikiran modern.

Warna jingga ini kadang begitu berbeda dan menonjol dalam posisinya diantara warna-warna lain, itu sebabnya dalam web desain kadang digunakan untuk tombol-tombol atau button yang penting, seperti ‘buy now’ , ‘Call now’ dan lainnya yang sejenis, sebagai sifat dari ‘ react to action’ button. Karakternya yang dekat dengan warna Api, memberikan kesan panas dan dianggap berdampak pada kecepatan (speed), itu sebabnya banyak dipakai pada ilustrasi produk otomotif.

Pengaruh psikologis dari warna jingga memberikan vitalitas, Inspiration dan antusiasme. dapat merangsang nafsu makan dan keinginan untuk keluar dan exploring baik dalam petualangan maupun sosial. Warna orange ini baik digunakan di restoran atau fast food. dengan menyeimbangkan karakter Logo dan interiornya atau kombinasi dengan hijau dan merah, akan memberikan suasana yang merangsang nafsu makan.

Warna Jiangga dapat dikombinasi dengan Ungu untuk menciptakan kelas tersendiri dan elegant, atau dengan hitam sebagai lambang keberanian bertualang.

Biru
Warna Biru yang saya lihat pada dasar paper atau Logo sebuah perusahaan memberikan kepercayaan yang besar dan merasakan sebuah tempat yang serius untuk saya.

Warna ini menyiratkan profesionalisme, kematangan, serius, integritas, ketulusan dan ketenangan. Biru juga diasosiasikan dengan otoritas dan kesuksesan meski terkesan konservatif. warna ini banyak digunakan oleh badan-badan hukum, keuangan, technical dan pemerintah. Dalam Desain grafis, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.

Biru dapat memberikan kesan dingin, mandiri dan menawan, ini dimanfaatkan oleh produk-produk untuk pria seperti parfume, kemeja atau aksesoris automotif. bahkan warna ini erat kaitannya dengan kesegaran, air, udara dan es.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.